Apa itu SEOCON?

SEOCON 2020 merupakan SEO Conference terbesar di Asia yang dihadiri oleh lebih dari 22 speaker dari 5 negara di dunia termasuk Neil Patel yang kalian pasti tahu lah siapa dia. Event ini diselenggarakan di The Kasablanka, Jakarta selama 2 hari tepatnya tanggal 26-27 februari 2020. Tiket yang dijual dimulai dari harga Rp. 2.000.000,- yang paling murah sampai dengan Rp. 25.000.000,- untuk yang paling mahal. Dihadiri oleh berbagai agensi yang sudah berkiprah di dunia SEO seperti Yoast, Datametrics, Search Engine Academy, Tokopedia, Kumparan, dan lain-lain.

Berangkat ke Jakarta

Singkat cerita tanggal 25 februari 2020, saya berangkat sendiri dari Bali. Sebenarnya saya tidak sendiri dalam menghadiri SEOCon kali ini, saya akan datang bersama 1 rekan kantor saya. Namun rekan kantor saya waktu itu kebetulan sedang ada kepentingan di Surabaya sejak beberapa hari sebelumnya. Karena itu kita memutuskan untuk ketemuan saja di bandara Soekarno Hatta.

Ngurah Rai Airport Dikala Senja

Pesawat saya berangkat pukul 19.30 WITA, menempuh waktu 2 jam penerbangan. Walaupun cuaca sejak di Bali sampai Jakarta hujan, namun penerbangan lancar tanpa turbulensi parah. 2 jam kemudian saya sampai di Jakarta, ternyata senior saya sudah sampai di Jakarta terlebih dahulu karena memang waktu flight kami hanya beda 30 menit. Setelah bertemu, kami memutuskan untuk makan dulu di bandara saat itu. Lumayan laper gan, sebelum berangkat belum makan soalnya hehe. 30 menit makan sambil ngobrol-ngobrol ringan, selesai, kita lanjut perjalanan ke hotel.

Makan dan istirahat sejenak di Soekarno Hatta Airport

Saat itu kami memilih untuk menggunakan kereta bandara, tiketnya kurang lebih harganya 80rb-an dengan stasiun tujuan kami Manggarai. Perjalanan kurang lebih 45 menit, kami sampai di stasiun tujuan. Lanjut, kami menggunakan taksi untuk menuju hotel. Sampai hotel, check in, lalu istirahat untuk menjaga stamina karena besok jadwal SEOCon ini lumayan padat mulai pagi sampai sore.

KA Bandara saat itu, sangat sepi

Day 1

Hari H tiba, kami memutuskan untuk jalan kaki menuju The Kasablanka karena hotel kami sangat dekat. Sampai disana semua peserta diwajibkan menukarkan e-ticket yang didapat dan mendapatkan ID card serta beberapa bingkisan yang salah satunya berisi rundown acara selama SEOCon berlangsung.

Venue utama SEOCon 2020 di Hal The Kasablanka

Oke masuk hari pertama, venuenya kali ini berada di stage utama yang berada di hall The Kasablanka. Beda dengan hari kedua yang dibagi menjadi beberapa kelas-kelas. Di hari pertama, speaker-speaker hebat dari Indonesia yang membuka acara. Seperti dari Tokopedia, Kumparan, dan Traveloka. Lalu dilanjutkan dengan speaker dari Datametrics, Search Engine Academy, dan juga Yoast.

Sementara Neil Patel, yang menjadi speaker utama dan memang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta ternyata tidak jadi hadir. Sayang sekali pihak panitia tidak mengkonfirmasi hal ini dan lebih memilih memberi tahu pada hari H. Namun Neil sempat memberi presentasi melalui livestream, tapi materi yang dibawakan tidak terlalu spesial. Hanya materi-materi basic yang juga bisa kita temukan di website dia. Walaupun di akhir acara pihak panitia memberi kesempatan Q&A kepada seluruh peserta untuk bertanya langsung ke Neil.

Untuk saya ini sedikit mengecewakan. Kenapa? Jujur saja kehadiran Neil di event ini sangat menaikkan antusias peserta dalam membeli tiket. Termasuk saya. Dan ini sebanding lurus dengan promosi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara yang selalu membawa nama Neil dan foto Neil. Namun sayang pihak penyelenggara tidak mengkonfirmasi hal ini sebelum event berlangsung dan memilih memberi tahu di hari H dengan alasan due to coronavirus. So yeah itu dia di hari pertama. Kita lanjut hari kedua.

Day 2

Di hari kedua workshop tidak lagi di venue utama, melainkan di kelas-kelas yang sudah disediakan. Dalam 1 hari tersebut, dibagi menjadi 6 sesi. Dimana per sesi, ini ada 3 kelas dalam waktu bersamaan. Setiap kelas memiliki kategori yang berbeda, ada tentang offpage, onpage, dan SEO dalam bahasa inggris. Dan setiap peserta hanya bisa memilih salah satu kelas setiap sesi dan berpindah ke kelas lain jika sesi sudah berakhir. Buat kami yang datang berdua saat itu, sedikit diuntungkan karena kita bisa membagi kelas. Jadi misal saya di kelas offpage, rekan kantor saya di kelas onpage. Sehingga materi yang kita dapatkan bisa lebih banyak.

Saya saat di salah satu kelas SEO dalam bahasa inggris

Di hari kedua ini ada beberapa materi yang menurut saya sangat menarik. Seperti contohnya tentang “The Forbidden Fruit: PBNs, Negative SEOs” yang diisi oleh bang Paul Bonardo. Intinya sih membahas tentang teknik PBN yang sampai saat ini bisa dikatakan menjadi gray area Google. Ada yang mengatakan teknik ini berbahaya, namun masih banyak juga yang menggunakan teknik ini dan berhasil. Dan dengan model workshop yang per kelas seperti ini, saya sebagai peserta juga lebih fokus. 6 sesi selesai, dan acara berakhir. Lalu keesokan harinya, saya kembali ke Bali sementara rekan kantor saya kembali ke Surabaya karena masih ada urusan disana.

Bandara Soekarno Hatta saat saya akan kembali ke Bali

Kesimpulan

Oke overall SEOCon 2020 ini event yang sangat bagus untuk para praktisi SEO. Dengan mengikuti event ini, kita bisa tahu sudah sejauh mana teknik SEO yang kita lakukan. Apakah sudah lumayan jauh, atau ternyata kita masih ketinggalan. Karena dalam event ini kita akan mendengarkan berbagai presentasi dari praktisi SEO professional, bahkan beberapa dari mereka juga ada yang baik hati mau membuka data mereka. Dan ya untuk harga tiket Rp. 2.000.000,- tentu worth it worth it saja.

Dan tentang jalannya event tidak ada masalah sekali. Mulai dari venue, sound, rundown acara, semuanya berjalan mulus. Saya acungi jempol untuk Toffee Events sebagai EO dari event ini. Semuanya berjalan lancar, nyaman, dan top lah pokoknya dengan pemilihan tempatnya di Hall The Kasablanka.

Namun ada kekurangannya. Khususnya tentang Neil Patel yang tidak jadi hadir ini. Karena saya yakin 100% peserta yang datang sangat tertarik dengan presentasi yang akan dibawakan Neil. Bahkan saat waktu yang seharusnya Neil presentasi, dan MC mengumumkan bahwa Neil tidak datang hampir seluruh peserta yang hadir bersorak dengan sedikit kekecewaan. Kita tahu lah beberapa tahun kebelakang ini, memang nama Neil sedang top-topnya di dunia SEO. Namun sayangnya dia tidak jadi hadir, tanpa konfirmasi sebelumnya dari pihak penyelenggara, dan walaupun sempat melakukan presentasi secara online namun menurut saya presentasi yang dilakukan hanya mempresentasikan teknik-teknik basic SEO yang durasinya waktu itu mungkin hanya sekitar 20 menit-an. Lalu dilanjutkan dengan sesi Q&A.

So apakah kamu harus datang ke SEOCon 2021 tahun depan? Tentu! Karena event ini bisa kita jadikan sebagai acuan evaluasi teknik SEO yang kita lakukan. Apakah sudah tepat, apakah teknik kita uptodate, lalu kita juga bisa mendapatkan tren-tren strategi SEO berikutnya akan seperti apa, dan lain-lain.

So yeah itu dia. Buat kalian yang ada pertanyaan tentang SEOCon ini, bisa langsung tanyakan aja di komentar. Tenang saja, pasti saya bales kok hehe. So yeah, thank you buat kalian semuanya! Stay safe!